230. Relief Indonesia

 

Oleh: Awang H. Satyana

Seperti dalam gambar terlampir, bila kita menarik garis melintang sepanjang sekitar 6000 km di atas Indonesia dari barat ke timur, lalu atas garis tersebut kita turunkan semua bentuk topografi dasar laut dan daratan, maka akan nampaklah gambaran regional relief Indonesia. Garis putih pada peta adalah penampang relief regional Indonesia.

Relief adalah tinggi rendah topografi, sehingga bisa menunjukkan beda tinggi, beda tinggi di darat, laut, maupun antara darat dan laut. Dan Indonesia karena tektoniknya sangat rumit, maka topografinya dan reliefnya pun sangat rumit.

Berikut ini pola-pola utama relief Indonesia yang nampak baru dari satu garis penampang. Tentu kita bisa membuat banyak sekali penampang relief sesuka kita.

Yang segera nampak dari relief regional Indonesia adalah keberadaan dua massa benua yang menyusun Indonesia. Di barat ada massa benua Sundaland, bagian dari Asia; di timur ada Arafura Platform (Sahul-land), bagian dari Australia. Sesungguhnya massa-massa benua ini dibangun oleh banyak benua kecil (mikrokontinen) yang saling bertubrukan di dalam masa silam sejarah geologi.

Lalu, ada laut yang sangat dalam, baik memagari maupun di dalam wilayah Indonesia. Dalam penampang ini, di sebelah barat ada Samudera Hindia di barat Sumatra yang titik terdekatnya adalah Palung Sumatra yang lebih dalam dari 5000 meter. Lalu di sebelah timur, ada Laut Banda yang juga kedalamannya melebihi 5000 meter. Laut di ujung timur Sundaland, yaitu Selat Makassar dan Teluk Bone sesungguhnya adalah laut-laut yang mengisi retakan-retakan kerak benua.

Laut Jawa, seperti pada gambar, sangatlah dangkal, tak sampai 100 meter dalamnya, sebab sesungguhnya ia adalah daratan benua yang digenangi laut pada saat salju-salju di kutub-kutub Bumi melebur akibat deglasiasi pada sekitar 10.000 tahun yang lalu. Maka tak mengherankan kalau di Laut Jawa sekarang sesungguhnya ada alur-alur sungai terusan dari Sumatra, Jawa dan Kalimantan.

Sekarang kita lihat topografi di daratan, yang menonjol pada gambar ini adalah Pegunungan Barisan di sebelah barat dan Pegunungan Tengah Papua (Central Ranges of Papua) di timur. Titik tertinggi di Pegunungan Barisan adalah Gunung Kerinci (3800 mdpl), titik tertinggi di Pegunungan Tengah Papua adalah Puncak Jaya (5030 mdpl).

Tidak ada tempat lain di Bumi yang gambaran topografi dan reliefnya ekstrem seperti Indonesia: ada palung yang sangat dalam sampai 7000 meter seperti Weber Deep, ada pegunungan hasil benturan yang sangat tinggi sampai 5000 meter, ada laut-laut dalam di antara dua massa benua, ada massa-massa benua yang tenggelam sehingga membentuk paparan laut dangkal dengan kedalaman kurang dari 100 m.

Itu baru gambaran relief, kita belum sama sekali bicara soal bentuk-bentuk pulau yang ganjil, dan kita masih jauh dari bicara soal proses geologi yang membentuknya.

Indonesia: an outstanding relief on Earth.

230_1 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s